NAVIGASI : FORUM > Sepeda Motor > Kelistrikan

advchaal

Sun, 04 November 2012 jam 21:12:43

Vega zr tidak bisa lagi electric starter walau sudah ganti aki


Maaf kalau sudah pernah dibahas sebelumnya.
Saya punya motor yamaha vega zr keluaran tahun 2009. kondisinya sekarang masih standar (tidak pernah modifikasi atau tambah lampu macam2). pokoknya sama seperti baru keluar dari dealernya. aki bawaan motor ini adalah aki basah GS Premium GM5Z 3B 12V5Ah. karena ini aki ini sudah soak & tidak bisa lagi pakai electric starter, akhirnya diganti dengan aki kering GS Sealed MF GT6A (GM5Z-3B) 12V5A. aki kering ini pun juga tidak bisa digunakan untuk electric starter. setelah dilakukan pengecekan diperoleh aki dalam kondisi normal dimana tegangannya sekitar 12V. tetapi tegangan charge yg keluar dari kiprok cuma sekitar 6V. tegangan yg keluar dari spul (kabel warna coklat dan biru) malah tidak ada. setahu saya seharusnya spul ini mengeluarkan tegangan 220V AC. sekering tidak putus dan lampu2 & klakson bisa nyala dalam kondisi mesin hidup. yang jadi pertanyaan :
1. dimana letak kesalahan dalam kasus ini? apakah di kiprok atau spul?
2. apakah kiprok bisa di tes dengan cara kiprok tsb dilepas kemudian dihubungkan kaki2 nya ke listrik pln 220v kemudian di ukur tegangan dc yg keluar?

febri

Mon, 05 November 2012 jam 15:18:29
: bingung

Mungkin yang di bawah bisa kasih penjelasan! :ngacir

nemo

Mon, 05 November 2012 jam 15:31:51
advchaal mengatakan:
Maaf kalau sudah pernah dibahas sebelumnya.
Saya punya motor yamaha vega zr keluaran tahun 2009. kondisinya sekarang masih standar (tidak pernah modifikasi atau tambah lampu macam2). pokoknya sama seperti baru keluar dari dealernya. aki bawaan motor ini adalah aki basah GS Premium GM5Z 3B 12V5Ah. karena ini aki ini sudah soak & tidak bisa lagi pakai electric starter, akhirnya diganti dengan aki kering GS Sealed MF GT6A (GM5Z-3B) 12V5A. aki kering ini pun juga tidak bisa digunakan untuk electric starter. setelah dilakukan pengecekan diperoleh aki dalam kondisi normal dimana tegangannya sekitar 12V. tetapi tegangan charge yg keluar dari kiprok cuma sekitar 6V. tegangan yg keluar dari spul (kabel warna coklat dan biru) malah tidak ada. setahu saya seharusnya spul ini mengeluarkan tegangan 220V AC. sekering tidak putus dan lampu2 & klakson bisa nyala dalam kondisi mesin hidup. yang jadi pertanyaan :
1. dimana letak kesalahan dalam kasus ini? apakah di kiprok atau spul?
2. apakah kiprok bisa di tes dengan cara kiprok tsb dilepas kemudian dihubungkan kaki2 nya ke listrik pln 220v kemudian di ukur tegangan dc yg keluar?


coba baca dulu di sini
http://yamaha-vega.or.id/?mod=forum&sub=view_thread&id=12167
http://yamaha-vega.or.id/?mod=forum&sub=view_thread&id=9847
http://yamaha-vega.or.id/?mod=forum&sub=view_thread&id=8911

coba gw jawab :

1. di cek dgn AVOMETER di mulai dari spull - kiprok - accu tegangan yg keluar dr spul k kiprok biasanya kisaran 9V-12V putaran idle, 80V-100V pada putaran tingi, (kabel putih n kuning/merah). masuk ke kiprok tegangan akan di stabilkan di antara 12V-14V, kenapa d stabilkan agar laju pengisian ke aki berjalan normal tidak kurang atau lebih yg bisa merusak aki.(kabel warna Merah). kabel warna coklat mendapat tegangan dari AKI, biru kabel ke lampu netral.kabel biru/merah ke realy stater.
2. kiprok tidak bisa di test dgn listik PLN karena walau tegangan sama tetapi listrik PLN memililki Arus AC, sementara kiprok berfungsi merubah arus DC-DC.
3. silaken di baca thead di atas. CMIIW

salam 202 :imnewhere



tukangojek

Mon, 05 November 2012 jam 15:55:00
dinamo stater..arengnya ganti 10 rebu dowang

tukangojek

Mon, 05 November 2012 jam 15:55:38
nemo mengatakan:


coba baca dulu di sini
http://yamaha-vega.or.id/?mod=forum&sub=view_thread&id=12167
http://yamaha-vega.or.id/?mod=forum&sub=view_thread&id=9847
http://yamaha-vega.or.id/?mod=forum&sub=view_thread&id=8911

coba gw jawab :

1. di cek dgn AVOMETER di mulai dari spull - kiprok - accu tegangan yg keluar dr spul k kiprok biasanya kisaran 9V-12V putaran idle, 80V-100V pada putaran tingi, (kabel putih n kuning/merah). masuk ke kiprok tegangan akan di stabilkan di antara 12V-14V, kenapa d stabilkan agar laju pengisian ke aki berjalan normal tidak kurang atau lebih yg bisa merusak aki.(kabel warna Merah). kabel warna coklat mendapat tegangan dari AKI, biru kabel ke lampu netral.kabel biru/merah ke realy stater.
2. kiprok tidak bisa di test dgn listik PLN karena walau tegangan sama tetapi listrik PLN memililki Arus AC, sementara kiprok berfungsi merubah arus DC-DC.
3. silaken di baca thead di atas. CMIIW

salam 202 :imnewhere




wew...tukang listrik dateng

loenar_kng

Mon, 05 November 2012 jam 16:44:20
bendik stater nya di periksa gan ..., coz benda tersebut merupakan relay nya dinamo stater. barangkali si bendik tersebut sudah tidak bisa menghantarkan arus.

kucinkgaronk

Mon, 05 November 2012 jam 18:56:29
tukangojek mengatakan:



wew...tukang listrik dateng


:ngakak

Setujuh sama bro nemoh,coba dibaca2 lg,ente mo dapet elmuh berarti mo susah,klw mo gampang bawa aja kebengkel yg bagus,serahin orang bengkel, bayarr........ :ngacir

milozovic

Tue, 06 November 2012 jam 08:06:30
Memperjelas biar bisa di klik link nya




advchaal

Tue, 06 November 2012 jam 14:18:18
Terima kasih atas responnya.

kalau diliat dari posting balasan, sepertinya kerusakan ada di bendik dan/atau dinamo starter. letak bendik itu dimana ya?
sekalian mau belajar, ada beberapa bagian yang tidak saya ketahui namanya dan fungsinya. seperti berikut ini (yg dilingkari garis merah).


kalau gambar gak muncul, ini linknya http://postimage.org/image/4ge9eqm9h

dan ini


kalau gambar gak muncul, ini linknya http://postimage.org/image/5qzgm9y63/


bimota

Wed, 07 November 2012 jam 09:24:23
garuk-garuk kepala

deehan

Wed, 07 November 2012 jam 11:07:47
advchaal mengatakan:
Terima kasih atas responnya.

kalau diliat dari posting balasan, sepertinya kerusakan ada di bendik dan/atau dinamo starter. letak bendik itu dimana ya?
sekalian mau belajar, ada beberapa bagian yang tidak saya ketahui namanya dan fungsinya. seperti berikut ini (yg dilingkari garis merah).


kalau gambar gak muncul, ini linknya http://postimage.org/image/4ge9eqm9h

dan ini


kalau gambar gak muncul, ini linknya http://postimage.org/image/5qzgm9y63/

kalau yang pertama sih nampaknya itu relay starter..
kalau yang kedua nampaknya switch rem belakang dan soket kelistrikan yang dari aki (sekring)




Lompat ke halaman dari total 2 halaman.

Beranda | Forum | M.S.S.R | Member | Galeri | Brotherhood | Kegiatan | ApelGada | Tentang Kami
Copyright Yamaha Vega Mailing List 2010

[tampilan versi mobile]