NAVIGASI : FORUM > Sepeda Motor > Kelistrikan

dfbluesilver

Tue, 27 August 2013 jam 21:38:45

sedikit atau bnyak tentang kelistrikan Motor


.Fungsi koiL menggandakan tegangan rendah dari sepul atau aki ( accu ) menjadi ribuan kilo volt. Sepeda motor dilengkapi dengan sistem kelistrikan untuk lampu2, klakson dan inicator. serta sistem kelistrikan utk pengapian.
. sistem kelistrikan dimulai dari spool dan magnet sebagai pembangkit arus listrik. Sistem kelistrikan pengapian dari spool ada yang lansung disalurkan ke CDi sebagai pengatur sistem pengapian ada juga yg melalui kiprok terlebih dahulu baru ke cdi yang dikenal dgn sistem pengapian DC.
.Selanjutnya arus listrik CDi dialirkan ke coiL untuk dinaikkan tegangannya agar dapat menimbulkan loncatan api pada Busi utk memulai proses pembakaran campuran udara dan bbm di dalam silinder motor bakar.
.Agar pembakaran dan peningkatan performa mesin optimal, diperlukan campuran udara dan BBM yg baik, kestabilan tegangan arus listrik serta ketepatan waktu Lompatan listrik yg terjadi dlam sistem pengapian pada setiap tingkatan RPM mesin (rotation per menit)
.Salah satu fungsi CDi adalah mengatur waktu kestabilan tegangan pengapian, selain koil dan busi. Tegangan yang stabil pada setiap RPM diperlukan untuk menjamin pembakaran pada spda motor optimal.
Kiprok yg baik harus mampu menghasilkan tegangan DC yg stabiL pada setiap tingkatan RPM mesin, sehingga menjamin keawetan serta unjuk kerja sistem kelistrikan spda motor secara keseluruhan. banyak kiprok yg menghasilkan tegangan DC yg tidak stabil shingga dpat merusak accu, bola lampu bahkan dpat merusak cdi motor.

dfbluesilver

Tue, 27 August 2013 jam 21:43:15
ciri khas bila koil wajib ganti? pertanda koiL rusak salah satunya bila mesin panas atau setelah berjalan bbrapa kilometer tiba tiba api hilang
#Bila dicek koiL bermasalah jarang sekali apinya langsung hilang . Kebanyakan busi masih meLentikkan api . tapi lompatannya kecil dan berwarna merah . #Yang bagus berkelir putih kebiruan. Enggak heran klo mesin jadi sulit hidup

bhucil

Tue, 27 August 2013 jam 21:59:34
kalau lampu depan vega redup ketika motor di rpm rendah., itu apa penyebabnya ya.,? bagaimana agar lampu depan itu bisa terang tanpa mengandalkan putaran mesin., (rpm)

tukangojek

Wed, 28 August 2013 jam 08:34:42



happyclick

Wed, 28 August 2013 jam 11:51:13
(y) :baca

dfbluesilver

Wed, 28 August 2013 jam 19:12:02
bhucil : cing roy khan jago soal lampu....secara beliau udah pakai lampu tembak

dfbluesilver

Wed, 28 August 2013 jam 19:44:54
ada 2 ciri khas biLa CDi atau Capasitor Discharge Ignition wajib ganti :
# percikan api pada busi hilang sama sekali dan mbrebet di putaran tinggi (mesin)...bila kasus pertama menimpa anda, mesin motor enggak bakal bisa bekerja. Ada perangkat elektronik dlam cdi yg mati /putus. bisa kapasitor atau pulsernya. Bila diukur dengan muLtitester, tegangan kabel yang menuju koil hilang sama sekali. Cek terlebih dahulu bunga api pada busi ada atau tidak...
# berbeda bila putaran mesin tersendat diputaran atas. Menurut Sugiharto pemilik Keke Motor si tuner Motor di kawasan kandangGampang PURBALINGGA jawa tengah ini...koiL masih mengeluarkan tegangan tinggi tetapi tak sanggup melayani frekwensi tinggi. Lompatan apinya terputus putus. begitu pelintiran gas diturunkan mesin bisa normal kembali.

dfbluesilver

Wed, 28 August 2013 jam 20:01:10
spooL alias spuL yg ada di dlamnya jeroan Magnet motor itu alias kumparan pengapian menyediakan sumber tegangan bolak balik ( AC) .komponen ini khusus pengapian CDi AC. Fungsinya mirip Aki cuman bedanya tegangan searah (DC). Spul Putus atau terbakar tidak bisa memproduksi setrum. "Makanya bila komponen ini trouble ,mesin mati totaL.Pertanda spuL terbakar secara fisik tampak gosong..gosong bok kayak sate gosong hehe
## Berbeda pada CDi DC yang sumber tegangannya aki. Bila aki rusak mesin masih bisa dihidupkan."Asalkan sistem pengisian masih jalan.Sebab Suplay listrik digantikan oleh Kiprok"
..Perlu diwaspadai bila Aki tidak segera diganti sangat rawan terhadap CDi. SoaLnya Output Kiprok Tidak murni searah. Bila dideteksi pakai OsciLoscope masih terlihat adanya gelombang tegangan AC.

dfbluesilver

Wed, 28 August 2013 jam 20:10:42
.Gejala PuLser problem mirip dengan CDi. bila belum parah mesin menyala tetapi endut endutan. MuncuLnya bisa diputaran mesin bawah atau di RPM atas.
.Jika kumparan didalam PULser Putus maka tidak keluar tegangan sama sekali. sehingga Listrik yg seharusnya dikirim ke SCR dlam CDi terputus. Setrum dlam kapasitor tidak tersalur ke koil sehingga mesin mogok

dfbluesilver

Wed, 28 August 2013 jam 20:15:05
jadi kalo mesin motor anda ada yg ngalamin gejala endut endutan...coba dulu ganti busi...klo ganti busi baru masih begitu...dan stelan karburator udah bener atau yg tadinya tidak ada apa apa gejala begini...bisa jadi seperti psotingan saya diatas

dfbluesilver

Mon, 02 September 2013 jam 20:40:08
knapa air accu cepat sekali habis?
#
#Redaksi Majalah tntang otomotive menjawab :jika dlam sebulan bisa habis satu botol...keadaan begini bisa dipastikan aki sudah rusak element nya.Rusak krna element aki kekeringan.Sebelum dicari penyebabnya,ya harus disiapkan aki pengganti. Jika memang sampai harus diisi satu botol, aki mesti dicek dari kebocoran. Kemungkinan terjadi keretakan di kemasan.
Beda ceritanya jika tiap bulan harus mengisi air aki yg gak sampe sebotol, ya 1/4 atau 1/5 botol saja sudah terlalu banyak. NormaLnya ,kalaupun harus mengisi kebutuhannya paling banter 50~100 mL. patokannya ,ketinggian air aki ditanda lower level berarti sudah harus diisi kembali.
#Jika yg trjadi air aki mesti sering di isi tiap servise atau sebulan sekali.Penyebab utamanya aki sering mengalami overcharge atau tegangan pengisian terlalu tinggi. Kalau batasannya pengisian kembali air aki masih normal, penguapan air aki yg keluar lewat slang pernafasan aki bisa trjadi krna penggunaan motor. mesin yg sering dipakai di RPM tinggi dan dlam jangka wktu lama. pasti membuat tegangan dari sepul pun selalu tinggi. Akibatnya air aki pun suhunya tinggi sehingga lebih mudah menguap .Sekali lagi ini normal kok. Asal pengisian air aki gak telat, kondisi aki tetap normal. Lain cerita jika mesin jarang digeber lama. Laju penguapan air aki yg gak normal bisa dipastikan krna overcharge. Utk ini bawa segera motor ke bengkel resmi pabrikan. Disana komponen pengisian aki bakal diperiksa.



Lompat ke halaman dari total 2 halaman.

Beranda | Forum | M.S.S.R | Member | Galeri | Brotherhood | Kegiatan | ApelGada | Tentang Kami
Copyright Yamaha Vega Mailing List 2010

[tampilan versi mobile]