ERP: Enterprise Resource Planning

 

 

Gue kaga tau mau tulis apawp-monalisa icon, pas kebetulan ide yg terlintas ERP

Ok langsung ajawp-monalisa icon , sebagian dari kita ada yg bekerja di bidang IT dan di bidang Non IT, bagi yg di bidang IT mungkin sudah tahu apa itu ERP

Akan tetapi bagi orang awam ( yg bekerja bukan di bidang IT ) akan bertanya “apa itu ERP? “

 

Baik kita mulai dengan penjelasan apa itu ERP

 

ERP adalah Enterprise Resource Planning, ERP sudah beberapa kali berevolusi, sebelumnya bernama MRP ( Material Requirement Planning ) pada tahun 1960an, MRP II ( Manufacturing Resource Planning )pada tahun 1980an, dan ERP ( Enterprise Resource Planning ) adalah perpaduan dari MRP dan MRP II yg pada tahun 1990an.

ERP Sendiri pada saat ini sudah lebih berkembang, berikut modul2 dalam ERP :

proses manufaktur, logistik, distribusi, persediaan (inventory), sumber daya manusia, Bisnis proses support, rantai pasokan (SCM : supply chain management ), invoice dan akunting perusahaan. Ini berarti bahwa system ini nanti akan membantu mengontrol aktivitas bisnis seperti penjualan, pengiriman, produksi, manajemen persediaan, manajemen kualitas dan sumber daya manusia. Dan ditambah pada saat ini ERP sudah support E-Commerce serta sudah dapat di install pada Cloud System.

 

MANFAAT ERP

 

Berikut ini adalah sebagian kecil manfaat dengan diaplikasikannya ERP bagi perusahaan:

  1. Integrasi data keuangan

Untuk mengintegrasikan data keuangan sehingga top management bisa melihat dan mengontrol kinerja keuangan perusahaan dengan lebih baik.

  1. Standarisasi Proses Operasi.

Menstandarkan proses operasi melalui implementasi best practice sehingga terjadi peningkatan produktivitas, penurunan inefisiensi dan peningkatan kualitas produk.

  1. Standarisasi Data dan Informasi

Menstandarkan data dan informasi melalui keseragaman pelaporan, terutama untuk perusahaan besar yang biasanya terdiri dari banyak business unit dengan jumlah dan jenis bisnis yg berbeda-beda.

 

 

Kerugian yang mungkin terjadi ketika salah menerapkan ERP antara lain adalah:

  • Strategi operasi tidak sejalan dengan business process design dan pengembangannya
  • Waktu dan biaya implementasi yang melebihi anggaran
  • Karyawan tidak siap untuk menerima dan beroperasi dengan sistem yang baru
  • Persiapan implementation tidak dilakukan dengan baik
  • Berkurangnya fleksibilitas sistem setelah menerapkan ERP
  • Implementasi ERP sangat sulit karena penerapannya yang terintegrasi dan organisasi harus merubah cara mereka berbisnis. Kesulitan penerapan ERP ditambah dengan adanya resistance to change dari personil yang terkena imbasnya akibat perubahan proses dari bisnis.
  • Biaya implementasi ERP yang sangat mahal
  • Organisasi hanya memikirkan manfaat yang besar dari penerapan ERP tetapi tidak mempersiapkan personilnya untuk berubah
  • Permasalahan lainnya adalah pada personil yang tiba-tiba dibebani dengan tanggung jawab yang lebih besar dengan kesiapan yang kurang baik mental maupun keahliannya.

 

 

Berikut ini adalah 3 besar Software ERP

  1. AXAPTA

 

Axapta banyak di kenal dengan nama Microsoft Dynamics AX

 

  1. ORACLE

 

Oracle adalah basis data relasional yg terdiri dari kumpulan data dalam suatu system dengan basis RDBMS.

 

  1. SAP

 

SAP adalah salah satu perusahaan software terbesar ke 4 didunia, berpusat di Jerman. SAP memiliki solusi ERP lengka dengan modul yg terintegrasi untuk CRM dan SCM

 

Di Indonesia sendiri ERP di kenal pada tahun 2000.

Saat ini di Indonesia sudah banyak Software ERP Lokal yg tak kalah dibandingkan dengan ERP Luar dan harga bisa bersaing.

Akan tetapi banyak juga perusahaan2 yang sudah memakai ERP local kecewa dikarenakan support setelah implementasi ( contoh misal sudah berjalan 1-2 tahun).

 

 

Kayaknya segitu dulu …… 😊wp-monalisa icon

Jika ada yg mau tanya silakan …….

 

 

Dian Sofian HadiEdukasiERP: Enterprise Resource Planning     Gue kaga tau mau tulis apa, pas kebetulan ide yg terlintas ERP Ok langsung aja , sebagian dari kita ada yg bekerja di bidang IT dan di bidang Non IT, bagi yg di bidang IT mungkin sudah tahu apa itu ERP Akan tetapi bagi orang awam ( yg...From Opensource to Brotherhood