Siang itu Luna memberikan isyarat bahwa ada sebuah pesan yang harus disampaikannya, lalu aku intip anunya, ternyata dari seorang teman lawas yang holic terhadap teknologi kekinian.

Bukannya nanya kabar atau apa, tetapi malah minta saran dan review pada desain antarmuka sebuah aplikasi android, ya dengan sok ahli aku jabanin dah hehehe laughing

Yup pembahasan kemudian lanjut pada sharing konsep tentang promosi dan membantu eksistensi para pelaku usaha perorangan yang masih belum bisa dengan mudah kita temukan di sosial media ataupun di media online lainnya.

Salah satu contoh manfaat dari aplikasi ini nantinya adalah, pada saat kita turing, dan entah di antah berantah mengalami ban bocor, maka hal pertama yang kita cari adalah menemukan tempat tukang tambal ban terdekat, nah dengan aplikasi ini kita akan dengan mudah memilih mana tukang tambal ban terdekat, dan kalau mungkin bisa kita panggil nyamperin kita yang lagi bego karena ditinggal sama yang laen.

Begitu pula dengan abang becak, tukang cuci dan setrika, tukang pijit, tukang tebang pohon, bahkan tukang sembelih hewan syar’i dan lainnya yang kadang berada didekat kita namun kita tidak tahu keberadaannya.

Bantu Rakyat

Nah aplikasi dan gerakan ini dinamai dengan Bantu Rakyat, berbasis aplikasi android dan merupakan database usaha rakyat yang semoga bisa menjangkau seluruh Indonesia kedepannya.

Update dan kelengkapan database ditentukan dan dipengaruhi oleh seberapa semangat relawan-relawan dalam mengupload dan menambah referensi keberadaan para pelaku usaha rakyat tersebut, untuk menjadi relawan sangat mudah, cukup dengan gajet yang kamu miliki, dan sesekali nongkrong nyamperin tukang becak, ataupun mlipir ke tukang tambal ban, maka proses relawan sudah berlangsung.

so kita sebagai pemilik gajet, dan pemakai jasa mereka, akan sangat membantu jika kita sempatkan untuk mengupload informasi mereka, baik itu lokasi, nomor telpon, dan photo.

Mekanismenya cukup sederhana pake bingit;

–          Kita ajak ngobrol mereka,

–          Tanyain nama,

–          Alamat praktek usaha / mangkal,

–          Tanyain juga nomor kontak jika ada,

–          Potoin (tempat atau orangnya),

–          Pointing lokasi (GPS base),

–          Upload

Udah gitu ajah, dan dengan begitu kamu sudah menjadi relawan yang membantu mereka untuk mudah ditemukan.

Bantu Rakyat

Dengan menjadi uploader / relawan bantu rakyat, maka selain kamu membantu mereka sebagai promosi usaha, kamu juga membantu para user yang membutuhkan jasa mereka.

Dan karena aplikasi ini sebagai direktori usaha rakyat yang berbasis GPS, maka akan lebih valid titik kordinatnya jika proses upload dilakukan on the spot atau ditekape, bisa sambil ngabuburit, ataupun sekedar mampir selagi perjalanan.

Bantu Rakyat

Kalaupun tidak sempet pointing lokasi, juga tidak masalah karena nanti ada relawan yang akan mengupdate dan memastikan lokasinya.

So Jika hunting pokeman udah terlalu mainstream, kini saatnya hunting usaha rakyat

Mulai dengan download dan install aplikasinya

https://play.google.com/store/apps/details?id=comitnuruljadid.banturakyat

ayooo ! Hunting usah rakyat

Note :

Karena aplikasi baru semalem di launch ke playstore, masih perlu review usulan dan saran membangun, termasuk kategori usaha yang masih terbatas
monggo !

 

Salam

#137
http://www.yamaha-vega.or.id/wp-content/uploads/2017/06/bantu-rakyat2.pnghttp://www.yamaha-vega.or.id/wp-content/uploads/2017/06/bantu-rakyat2-150x150.pngHappyclickEdukasiNewsTravelUmumaplikasi android,aplikasi berbasis GPS,Bantu rakyat,tukang becak online,tukang cukur online,tukang tambal ban onlineSiang itu Luna memberikan isyarat bahwa ada sebuah pesan yang harus disampaikannya, lalu aku intip anunya, ternyata dari seorang teman lawas yang holic terhadap teknologi kekinian. Bukannya nanya kabar atau apa, tetapi malah minta saran dan review pada desain antarmuka sebuah aplikasi android, ya dengan sok ahli aku jabanin dah hehehe  Yup pembahasan...From Opensource to Brotherhood