Modif Polarized atau membalik lapisan kutub LCD pada spidometer memang cukup menarik, tapi perlu di ingat… trik ini butuh ketelitian dan kehati-hatian extra.
Sekalinya gagal… maka LCD spido tidak akan berfungsi lagi, resiko minimal cacat, dan maximalnya nge-blank.
Nah… bagi yang masih awam.. harap pikir-pikir dulu.

Sebaiknya serahkan yang udah ahli aja demi keselamatan spidometer … oke…!!!

Sedikit pengetahuan mengenai LCD.

LCD ( Liquid Cristal Display ) terdiri atas beberapa lapisan.
Sebuah sumber sinar backlight merupakan lapisan paling bawah, sinar ini akan melewati filter pertama dari dua filter pengatur (polarizing), sinar yang telah terpolarisasi kemudian melewati sebuah lapisan yang berisi ribuan bintik kristal cair yang dijajarkan pada sebuah kontainer kecil yang dinamakan cell.

Setiap sel, juga dijajarkan membentuk barisan pada layar, satu cell atau lebih akan membentuk satu pixel (ukuran titik terkecil pada sebuah layar), sedangkan sumber elektrik disekeliling LCD membentuk sebuah medan elektrik yang akan menggetarkan molekul kristal, yang akan mengatur sinar yang akan lewat pada lapisan kedua berupa filter yang terpolarisasi dan melewatinya.

Jadi pada dasarnya begini. B-)
Pada sebuah LCD sebenernya ada beberapa lapisan, namun biar lebih gampang dipahami, yg ane bahas hanya 4 lapis saja..
Yaitu :
– back light ( sumber sinar )
– polarizer bawah ( filter bawah )
– lapisan crystal
– polarizer atas ( filter atas )

Kita bahas cara kerjanya…

Sinar backlight untuk bisa ditangkap mata kita setidaknya harus melewati beberapa lapisan.

Pertama lapisan filter horizontal bawah ( polarizer bawah ) bertugas menyaring sinar horizontal saja, otomatis sinar vertikalnya tidak bisa lewat.

Setelah itu sinar horizontal akan melewati lapisan crystal ( cell ), cell ini bila di aliri medan listrik akan memilin cahaya yg semula horizontal menjadi vertikal..
Cell adalah kotak-kotak hitam atau angka yang ada di layar LCD, Jadi ketika cell berwarna hitam, brati cell tersebut dialiri medan listrik…

Selanjutnya cahaya di filter lagi oleh lapisan polarizer atas.

Pada LCD spido.. polarizer atas biasanya searah dengan polarizer bawah, Ini yang biasa disebut LCD MONOCHROM

Jadi cahaya horizontal yang di filter di bawah akan tetep nampak juga setelah melewati filter yang di atas, karna sama sama horizontal.

Sedang sinar horizontal yang dipilin oleh cell tidak akan nampak (sudah berubah menjadi sinar vertikal ) akibatnya pada layar berwarna hitam, cahaya vertikal tidak bisa menembus filter horizontal, juga sebaliknya.

Sampe di sini paham yak….? :wacko:

Maka dari itu…untuk membalik polarized ( mengubah yg tembus cahaya jadi hitam dan membuat yg hitam menjadi tembus cahaya ) cukup dengan membalik lapisan polarizer atas saja, jadi yang semula hanya melewatkan cahaya horizontal, kini di balik dibuat hanya melewatkan cahaya vertikal saja.

Nah… jika polarized atas dibalik menjadi filter vertikal, maka yang semula tembus cahaya ( sinar horizontal ) tidak akan bisa melewati filter vertikal, akibatnya di layar LCD akan berwarna hitam.

Sebaliknya… sinar horizontal yang sudah dipilin oleh cell dan menjadi sinar vertikal… bisa melewati filter vertikal akibatnya sinar backlight bisa terlihat (tembus)

Mudah kan…..? ( teorinya ) :yes:

Untuk melepas lapisan polarizer atas bisa menggunakan cutter, usahakan pake cutter yg sudah gak tajem, untuk mengurangi resiko lapisan polarizer tersayat dan robek.   

Lepas perlahan dan hati-hati…, setelah terlepas… bersihkan sisa lem yang melekat menggunakan jempol saja, di usap-usap sampe bersih.

Untuk membuktikan teori di atas… silahkan tempelkan lapisan polarizer tadi ke LCD, lalu putar 90°, maka warna akan berubah.

Ketika polarizer atas tidak sejajar dengan polarizer bawah, maka LCD akan terlihat gelap, begitu juga sebaliknya.

Untuk membuat LCD polarized terbalik, cukup membalik lapisan polarizer atas saja, yang semula diatas jadi di bawah.
Lapisan yang permukaannya halus (yang tadi ada lem’nya) berada di atas, lalu rekatkan lapisan polarizer tersebut dgn kaca LCD menggunakan solasi bening, usahakan serapi mungkin.
Pastikan layar LCD berwarna gelap karna filter atas dan bawah tidak sejajar…

Paham yak…. :mail:

Selamat Mencoba broh… :bye:

Source : mazpeed dot com

YVML #117

 

http://www.yamaha-vega.or.id/wp-content/uploads/2016/12/01-1024x768.jpghttp://www.yamaha-vega.or.id/wp-content/uploads/2016/12/01-150x150.jpgHappyclickOtomotifTechLCD,memperbaiki speedometer,mengenal LCD,modif LCD,modif motor,Modif speedometer,Oprek LCD,Oprek Speedometer,polarized LCD,speedo,speedo meterModif Polarized atau membalik lapisan kutub LCD pada spidometer memang cukup menarik, tapi perlu di ingat… trik ini butuh ketelitian dan kehati-hatian extra. Sekalinya gagal… maka LCD spido tidak akan berfungsi lagi, resiko minimal cacat, dan maximalnya nge-blank. Nah… bagi yang masih awam.. harap pikir-pikir dulu. Sebaiknya serahkan yang udah ahli aja...From Opensource to Brotherhood