Pada tanggal 14 September 2002, terbentuk sebuah Mailing List Yamaha Vega dengan alamat yamaha-vega@yahoogroups.com dengan owner atau pemilik/pembuat mailing list (milist) adalah saudara Happy Martinus. Pada periode 2004 (akhir) hingga 2006 (awal) perkembangan milist sangat pesat, banyak pertanyaan seputar vega, permasalahan dan solusi. Sebanyak 5798* pesan yang sudah terkirim via email. Karena semakin banyaknya anggota milist dan sarana email sudah tidak memungkin kan untuk berbagi informasi, maka atas usulan beberapa anggota untuk membuat website informasi-informasi seputar motor vega.

(* data per 6 November 2006 jam 14:51)

Tanggal 12 Desember 2004 website pertama Yamaha Vega di buat dan di upload di world wide web dengan alamat url http://202.159.17.102/vega. Pada tahap awal website vega masih mengunakan fasilitas gratis yang disediakan oleh banyak provider di internet. Karena semakin meningkatnya database dan tuntutan dari member maka atas dasar kepentingan bersama beberapa anggota menyumbangkan sejumlah uang untuk membeli sebuah domain dan hosting untuk website Yamaha Vega.

Dengan alamat web www.yamaha-vega.or.id dan member sepakat bahwa ini merupakan Komunitas Yamaha Vega Indonesia dan memberikan informasi kepada yang membutuhkan dan menginformasikan keberadaan klub-klub Vega yang ada. Maka pada tanggal 6 Agustus 2006 secara resmi berdiri sebuah komunitas penguna motor Yamaha Vega dengan nama Yamaha Vega Mailing List (YVML).

Sebelum mengunakan Yamaha Vega Mailing List sempat mengunakan nama Milist Yamaha Vega (MYV) yang sempat dan masih di publikasikan di website PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (PT YMKI) di www.yamaha-motor.co.id Karena pertimbangan lafal dan pengunaan bahas yang kurang sesuai dan tidak lazim maka nama MYV pun di ubah menjadi YVML.

MOTTO

YVML dalam mencapai tujuannya mempunyai motto “Keterbukaan (Open Source) untuk kekeluargaan (Brotherhood)” atau “ From Open Source to Brotherhood.”

3 (TIGA) PILAR YVML

YVML mempunyai 3 (tiga) pilar organisasi :

  1. Komitmen, sebelum dan sesudah menjadi anggota YVML diharapkan menimbulkan rasa untuk berkomitmen untuk kemajuan komunitas yang dibangun atas dasar kesamaan dan tanpa melihat golongan atau semua anggota YVML mempunyai posisi dan derajat yang sama.
  2. Integeritas, semua anggota YVML memiliki satu tujuan walaupun masing-masing individu berbeda satu sama yang lain tapi sesama anggota saling berintegrasi untuk mencapai tujuan yang sama.
  3. Loyalitas, merasa loyal terhadap komunitas yang dibangun dengan keterbukaan dan kekeluargaan.
VISI YVML

Membangun rasa persaudaraan dan persatuan antara pemilik dan penggemar kendaraan roda dua, khususnya Yamaha Vega baik dan merangkul penggemar Yamaha Vega di seluruh Indonesia baik yang sudah tergabung dalam sebuah perkumpulan/klub maupun yang belum tergabung dalam sebuah pekumpulan/klub kedalam komunitas YVML.

MISI YVML
  1. Menjadikan komunitas yang sifatnya terbuka, mempererat, membina, dan memperluas persahabatan di antara sesama pengendara roda dua khususnya pengguna Yamaha Vega.
  2. Menjalin kerjasama dengan masyarakat dan pemerintah untuk mensosialisasikan taat peraturan lalu lintas dan santun dalam berkendara, baik di dalam maupun di luar negeri.
  3. Menjalin kerjasama dengan klub-klub atau komunitas otomotif yang telah ada, baik di dalam maupun di luar negeri.
  4. Menyalurkan aspirasi dan informasi anggota melalui website dan mailing list, baik berupa saran, kritik, pesan, maupun laporan.
KEGIATAN

Menerbitkan website ‘www.yamaha-vega.or.id’ dan mailing list (yamaha-vega@yahoogroups.com) sebagai media komunikasi secara terbuka bagi pemilik atau pengemar kendaraan roda dua khususnya Yamaha Vega, serta klub-klub atau komunitas otomotif yang telah ada, baik di dalam maupun di luar negeri, tanpa melihat waktu dan tempat.

WILAYAH

Wilayah organisasi ini meliputi seluruh Indonesia dan tidak menutup kemungkinan yang berada di luar negeri.

IDENTITAS

Untuk saling mengenal antar anggota YVML, maka terdapat Identitas dari komunitas YVML yang berupa stiker YVML bernomor yang dikeluarkan oleh MSSR (Management System Safety Riding) dan baju resmi YVML yang dikeluarkan oleh MF YVML (Micro Finance).

MEDIA KOMUNIKASI

Media komunikasi antar anggota YVML adalah melalui mailing list (yamaha-vega@yahoogroups.com) dan website atau disebut dunia maya dengan alamat www.yamaha-vega.or.id yang semuanya dibawah koordinasi pengurus. Selain itu terdapat tempat bertemu secara langsung yaitu di Parkir Timur Gelora Bung Karno dan Blok M Plaza depan Gedung Bumi Eka setiap hari Jumat. Temu secara langsung ini disebut juga dengan Kopdar.